Cinta Dari Wamena: Cinta yang Bisa Menyembuhkan Segalanya

21 Jun

426497_319019731479989_1177078444_n

WHAT?

HIV/Aids, merinding rasanya setiap dengar nama penyakit itu. Rasanya HIV/Aids sampai saat ini masih menjadi jenis penyakit mematikan nomor wahid (read: satu) di dunia. Bahkan World Health Organization (WHO) mengklaim saat ini ada 34 juta orang hidup dengan HIV/Aids (astagfirullah). Itu yang terdata, bagaimana yang di pelosok? Wallahualam..

OBATNYA?

Kita semua tahu, Obat HIV/Aids belum kunjung ditemukan. Ini juga bisa jadi penyebab jumlahnya itu bukan berkurang, malah meningkat. Kalaupun ada saat ini hanya sebatas mencegah virus HIV/Aids untuk berkembang biak dalam tubuh manusia, namanya Antiretrovival Therapy (ART) yang bisa membuat manusia bisa bertahan lebih lama dan dapat terlindung dari infeksi lain. Tapi data WHO bilang, cum 54% penderita HIV/Aids yang memiliki akses terhadap ART, sisanya?

PENYEBABNYA?

Kehidupan seks bebas, jarum suntik narkoba, dan tattoo pinggir jalan yang gak tahu pasti steril atau gak nya adalah sekian dari penyebab tertularnya virus ini. Tapi yang pasti menurut Yayasan HIV/Aids Indonesia, bersentuhan secara fisik (bersalaman atau berpelukan), gigitan nyamuk / serangga, pemakaian fasilitas umum bersama (kolam renang, WC umum) dan terkena bersin dari penderita HIV/Aids TIDAK AKAN menyebabkan penularan dari virus HIV/Aids. Gak kayak flu burung, HIV/Aids tidak bisa menular melalui udara. So, jangan jauhi penderitanya, tapi virusnya!

MORE INFO?

Gak harus jadi dokter kok untuk tahu banyak soal virus ini. Cinta Dari Wamena, sebuah film edukasi yang disutradarai oleh Lasja F. Susatyo, khusus untuk mengenal lebih jauh bagaimana virus HIV/Aids bekerja. Di mana warga Papua yang mayoritas buta huruf, dirasa masih kurang edukasi tentang HIV/Aids jika hanya melalui media brosur dll.

FILM CINTA DARI WAMENA

Sabtu, 15 Jun 2013

Saya seneng luar biasa waktu dapat invitation nonton bareng penayangan perdana film ini. Sempat baca sinopsisnya dan excited banget mau nonton. Sleian jadi tahu banyak tentang HIV Aids dan penanggulangan serrta pencegahanya, shoot pemandangan indah Papua menjadi obat rindu dengan alam. Huaa! kalau kamu suka travelling pasti suka banget.

 01

Trailer Cinta Dari Wamena:

Cerita singkatnya, ada 3 sahabat: Litius (Maximus Itlay), Tembi (Benyamin Lagowan) dan Martha (Madonna Marrey) ingin melanjutkan pendidikan ke kota Wamena, karena di sana bisa bersekolah gratis. Mereka mempunyai mimpi untuk menjadi orang besar nantinya, bisa membanggakan suku dan masyarakat Papua. Akan tetapi gaya hidup bebas di Wamena membuat salah satu diantara mereka terinfeksi virus HIV/Aids, hal ini cukup menantang mimpi dan persahabatan mereka.

Filmnya gak monoton, lucu khas lawakan Papua meghidupkan suasana waktu nonton di bioskop, kayak bukan film edukasi. Akting pemainnya juga natural, gak dibuat-buat. Dan yang paling keren adalah pemandangan alam Wamena yang diapit oleh pegunungan Jayawijaya, diekspos habis-habisan di layar bioskop. Jadi kayak ada di dalamnya, menghirup udara segar khas pegunungan sebelum kita benar-benar bisa terbang ke sana. Buat yang hobi traveling atau backpacking pasti jatuh cinta!

Satu hal plus lain dari film ini, sebagian keuntungan dari penayangan film Cinta Dari Wamena di bioskop, akan didonasikan untuk penanggulangan korban HIV/Aids di daerah Papua, khsusunya Wamena.

Masukin deh ini ke daftar nonton di pekan ini. Kapan lagi bisa nonton sambil sedekah? YUK!

HIV/Aids memang belum ditemukan obatnya, tapi CINTA bisa menyembuhkan segalanya. Cinta dari kita adalah obat yang paling ampuh untuk memberikan keyakinan bagi Orang Dengan HIV/Aids (ODHA) agar bisa hidup lebih lama.

Cinta Dari Wamena di Twitter: @cintawamena

Fanspage facebook Cinta Dari Wamena: Cinta Wamena

Website: http://www.cintadariwamena.com/

Data WHO: http://www.who.int/hiv/en/

4 Responses to “Cinta Dari Wamena: Cinta yang Bisa Menyembuhkan Segalanya”

  1. Ogie June 24, 2013 at 2:18 am #

    Reblogged this on gRestini and commented:
    open your eyes, ears, and your heart

  2. Anonymous January 23, 2014 at 2:10 pm #

    kak, ini udh keluar ya filmnya? aku belum nonton. yang di foto itu yang cewenya amyra jessica temen sma ku loh😀

    • chitra pratiwi January 23, 2014 at 2:13 pm #

      kak, ini udh keluar ya filmnya? aku belum nonton. yang di foto itu yang cewenya amyra jessica temen sma ku loh😀

      • cmeythasari January 23, 2014 at 3:30 pm #

        Iya sudah lama keluarnyaa. kereen filmnya🙂

        Sent from my iPhone

        >

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: