Tips : Muslimah naik Motor, Why Not!

4 Jan

Muslimah dan Motor, Why Not?

20131202_084101

Saat ini banyak muslimah yang memanfaatkan motor untuk transportasi yang menunjang aktivitas. Saking maraknya sudah banyak pula beberapa gedung perkantoran dan perbelanjaan yang telah melengkapi dengan parkir motor khusus wanita. Namun perlu diperhatikan tips dan triknya, agar tetap aman dan rapi saat maupun setelah mengendarai motor top to toe yang diklasifikasikan menjadi tiga bagian, seperti berikut ini:

motor2

Pertama, Bagian Kepala

–          Gunakan jilbab yang simple. Selain agar lebih konsentrasi di jalan, menggunakan jilbab simple juga membuat lebih nyaman dan menghindari rasa mengganjal saat menggunakan helm. Jangan pula sampai menjuntai ke bagian bawah motor. Kerudung yang terlalu panjang akan menghalangi pandangan mata dan berisiko tersangkut di ban motor.

–          Penggunaan bros, hiasan bandana, atau jepit belakang jilbab pengganti ciput lebih baik digunakan setelah berkendara. Atau jika ingin dikenakan langsung, pindahkan ke dada, karena bros di kepala dapat menyebabkan kulit kepalamu terluka karena bros tertekan oleh helm.

–          Pilihan warna yang tepat juga mempengaruhi kenyamanan pengendara, hindari warna yang gelap pada perjalanan di siang hari, karena warna gelap sangat menyerap panas dan berkeringat lebih.

–          Hindari penggunaan ciput topi yang terlalu memanjang kedepan  agar tidak mengganggu pandangan. Lengkapi dengan dalaman kerudung untuk menjaga agar kerudung tidak mudah bergeser.

–          Kenakan helm yang tepat, tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. Pilih helm yang dilengkapi kaca penutup wajah agar matamu tidak kemasukan debu.

–          Gunakan hands free adalah optional. Jika Anda termasuk muslimah sibuk yang sering menerima telepon saat berkendara, Anda bisa gunakan hands free yang akan membuat Anda lebih konsentrasi saat berkendara. Namun, alangkah baiknya untuk menjawab telpon atau mengirim pesan dengan menepikan kendaraan Anda terlebih dahulu.

Kedua, Bagian Badan dan Tangan

–          Gunakan jaket yang sesuai tidak kalah penting saat mengendarai motor untuk melindungi tubuh terhada dinginnya angin dan pengaruh cuaca. Disarankan untuk menggunakan jaket tahan air dan tidak tembus angin yang memang difungsikan untuk berkendara motor, misalnya jaket kulit dan parasut. Untuk lebih bisa memilih jaket dengan tambahan protector siku.

–          Jangan lupakan pula penggunaan sarung tangan untuk mengurangi lecet, kotor, dan kulit yang menghitam.

–          Hindari perhiasan dan tas berlebihan agar menghindari penjambretan atau perampokan yang kasusnya kini kian menjamur di mana-mana. Anda perlu pandai memilih tas saat berkendara sepeda motor, misalnya menggunakan tas ransel. Jika memang terpaksa Anda harus menggunakan tas bahu, simpan tas bahu Anda di depan motor yang dikaitkan di jok motor agar tidak mencolok perhatian penjahat.

Ketiga, Bagian Kaki

–          Penggunaan sepatu yang tepat akan megurangi resiko kecelakaan. Sehingga, untuk proteksi kaki Anda, gunakanlah sepatu. Hindarilah penggunaan sepatu berhak tinggi saat Anda berkendara. Selain menganggu saat Anda harus gesit berkendara, penggunaan sepatu berhak tinggi pun cukup sulit untuk mengoper gigi motor. Pilihlah sepatu yang beralas datar atau tidak berhak. Penggunaan sepatu hak tinggi bisa Anda gunakan setelah sampai di lokasi tujuan.

–          Gunakan celana meski Anda menggunakan rok panjang atau gamis. Celana panjang sangat bermanfaat untuk mengurangi gesekan dengan aspal jika Anda terjatuh. Untuk lebih aman lagi, Anda bisa gunakan celana panjang berbahan tebal atau jeans yang memang mampu melindungi kulit Anda.

The Last but more important, taatilah peraturan lalu lintas yang ada. Jangan biasakan menjawab telpon atau mengirim SMS sambil berkendara, tak hanya berbahaya, tentu Anda pun mengetahui resiko lainnya. Ingat, keluarga dan kerabat menunggu Anda kembali ke rumah dengan selamat. Semoga bermanfaat!

http://plasa.msn.aquila-style.com/mode-kecantikan/tips-berhijab-untuk-naik-motor/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: